Selasa, 23 Februari 2010

Kita pun Segera Meninggalkan Dunia Ini

Suatu ketika, beberapa hari setelah pemakaman nenek, saya berjalan melewati kamar nenek dan melihat pintu kamarnya terbuka lebar. Saya berhenti sejenak, tertegun, dan melayangkan pandangan ke dalam kamar. Semua masih tampak seperti biasa. Semua barang-barang nenek masih berada di tempatnya. Lemari, pakaian, susunan perabot di dalam kamar, serta isinya yang lain, semua masih tampak sama seperti sediakala. Saya lantas merenung. Ternyata seorang manusia yang meninggal dunia itu benar-benar meninggalkan dunia. Meninggalkan semua barang-barang yang pernah dimilikinya semasa hidup di dunia.

Beberapa bulan yang lalu ketika suami saya sedang tidak ada di rumah, di suatu malam menjelang subuh, saya bangun dari tidur dan menemukan puteri kedua saya yang berusia 8 bulan, sudah meninggal dunia. Terpikir oleh saya bahwa malaikat maut telah datang ke rumah saya malam itu tanpa seorang pun yang menyadarinya. Tetapi yang diambil bukan saya atau puteri pertama saya, tetapi puteri kedua saya tersebut. Ia meninggal dalam tidurnya.

Setelah kepergian puteri kedua saya, saya pun membereskan barang-barangnya. Semua masih sama jumlahnya, tidak berkurang sedikit pun juga. Yang berbeda adalah kini puteri saya sudah tidak tinggal lagi di dunia. Ia pergi tanpa membawa apapun kecuali kain kafan. Ia tinggalkan mainan yang kami belikan untuknya. Ia tinggalkan baju-baju cantik pemberian keluarga dan kenalan saya ketika saya belum lama melahirkannya. Ia tinggalkan Papa, Mama, kakaknya. Ia tinggalkan semuanya.

Siapapun kita ini, sesungguhnya selamanya berada di hadapan Allah. Betapapun panjangnya umur kita, namun kita sebenarnya sedang dalam perjalanan menuju-Nya. Sekaya apapun diri kita, sesehat apapun diri kita, sekuat apapun diri kita, pendeknya apapun keadaan diri kita saat ini, suatu saat pasti akan kembali kepada Allah. Di saat itulah kita meninggalkan semua yang pernah sangat kita cintai dan kita jaga di dunia ini.

Lalu jika kita pulang tanpa membawa apa-apa, lantas apa yang akan kita bawa jika kita tidak selalu berusaha untuk mencari keridhaan-Nya?
Wallaahu a'lam bishshawaab.



Oleh : Umu Saffa (hab26250@syd.odn.ne.jp)
Yakumo 3-12-3, Meguro-ku
Tokyo

Sumber : eramuslim

0 komentar:

Posting Komentar

KALIMAH ALLAH TA'ALA

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template